pengertian mahasiswa menurut para ahli

Kata Pengantar

Halo, selamat datang di Esadayalestari.co.id. Artikel ini akan mengupas tuntas pengertian mahasiswa menurut para ahli. Mahasiswa merupakan salah satu elemen penting dalam dunia pendidikan tinggi. Mereka adalah calon-calon pemimpin masa depan yang akan membawa kemajuan bagi bangsa dan negara. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami pengertian mahasiswa secara komprehensif.

Istilah mahasiswa berasal dari bahasa Belanda, yaitu “student”. Dalam bahasa Latin, mahasiswa dikenal dengan istilah “studiosus”, yang berarti orang yang bersemangat belajar. Secara umum, mahasiswa didefinisikan sebagai individu yang sedang menempuh pendidikan tinggi di perguruan tinggi atau universitas.

Terdapat berbagai perspektif dalam mendefinisikan mahasiswa. Para ahli memiliki pandangan berbeda-beda mengenai pengertian mahasiswa. Berikut ini adalah beberapa pengertian mahasiswa menurut para ahli:

Pendahuluan

1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mahasiswa adalah orang yang belajar di perguruan tinggi atau universitas.

2. Menurut Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, mahasiswa adalah warga negara Indonesia atau warga negara asing yang memenuhi persyaratan tertentu dan mengikuti pendidikan tinggi pada perguruan tinggi.

3. Menurut Permendiknas Nomor 15 Tahun 2008 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, mahasiswa adalah peserta didik yang terdaftar dan mengikuti proses pendidikan di perguruan tinggi.

4. Menurut UNESCO, mahasiswa adalah seseorang yang terdaftar di perguruan tinggi atau universitas untuk mendapatkan gelar akademik.

5. Menurut The Organization for Economic Co-operation and Development (OECD), mahasiswa adalah individu yang berusia 15-29 tahun dan sedang mengikuti pendidikan tinggi di lembaga pendidikan pasca sekolah menengah.

6. Menurut Asosiasi Internasional Universitas (IAU), mahasiswa adalah seseorang yang terdaftar di perguruan tinggi atau universitas dan sedang dalam proses belajar untuk mendapatkan gelar atau kualifikasi akademik.

7. Menurut International Association of Students in Economics and Commercial Sciences (AIESEC), mahasiswa adalah individu yang terdaftar di perguruan tinggi atau universitas dan sedang mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja.

Kelebihan dan Kekurangan Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli

1. Kelebihan Pengertian Menurut KBBI: Definisi yang jelas dan ringkas.

2. Kekurangan Pengertian Menurut KBBI: Tidak menyebutkan persyaratan atau kualifikasi menjadi mahasiswa.

3. Kelebihan Pengertian Menurut UU No. 12 Tahun 2012: Menjelaskan status mahasiswa sebagai warga negara Indonesia atau warga negara asing dengan persyaratan tertentu.

4. Kekurangan Pengertian Menurut UU No. 12 Tahun 2012: Tidak menyebutkan proses pendidikan yang diikuti oleh mahasiswa.

5. Kelebihan Pengertian Menurut Permendiknas No. 15 Tahun 2008: Menekankan proses pendidikan yang diikuti oleh mahasiswa.

6. Kekurangan Pengertian Menurut Permendiknas No. 15 Tahun 2008: Tidak menyebutkan persyaratan atau kualifikasi menjadi mahasiswa.

7. Kelebihan Pengertian Menurut UNESCO: Mencakup mahasiswa di seluruh dunia.

8. Kekurangan Pengertian Menurut UNESCO: Tidak menyebutkan persyaratan atau kualifikasi menjadi mahasiswa.

9. Kelebihan Pengertian Menurut OECD: Menjelaskan rentang usia mahasiswa.

10. Kekurangan Pengertian Menurut OECD: Tidak menyebutkan proses pendidikan yang diikuti oleh mahasiswa.

11. Kelebihan Pengertian Menurut IAU: Menekankan tujuan pendidikan mahasiswa, yaitu memperoleh gelar atau kualifikasi akademik.

12. Kekurangan Pengertian Menurut IAU: Tidak menyebutkan persyaratan atau kualifikasi menjadi mahasiswa.

13. Kelebihan Pengertian Menurut AIESEC: Menekankan persiapan mahasiswa untuk memasuki dunia kerja.

14. Kekurangan Pengertian Menurut AIESEC: Tidak menyebutkan persyaratan atau kualifikasi menjadi mahasiswa.

Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli
No Ahli Pengertian Mahasiswa
1 Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Orang yang belajar di perguruan tinggi atau universitas.
2 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Warga negara Indonesia atau warga negara asing yang memenuhi persyaratan tertentu dan mengikuti pendidikan tinggi pada perguruan tinggi.
3 Permendiknas Nomor 15 Tahun 2008 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Peserta didik yang terdaftar dan mengikuti proses pendidikan di perguruan tinggi.
4 UNESCO Seseorang yang terdaftar di perguruan tinggi atau universitas untuk mendapatkan gelar akademik.
5 The Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) Individu yang berusia 15-29 tahun dan sedang mengikuti pendidikan tinggi di lembaga pendidikan pasca sekolah menengah.
6 Asosiasi Internasional Universitas (IAU) Seseorang yang terdaftar di perguruan tinggi atau universitas dan sedang dalam proses belajar untuk mendapatkan gelar atau kualifikasi akademik.
7 International Association of Students in Economics and Commercial Sciences (AIESEC) Individu yang terdaftar di perguruan tinggi atau universitas dan sedang mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja.

FAQ

  1. Siapa yang dapat disebut sebagai mahasiswa?
  2. Individu yang terdaftar dan mengikuti pendidikan tinggi di perguruan tinggi atau universitas.

  3. Apa perbedaan antara mahasiswa dan pelajar?
  4. Mahasiswa adalah pelajar yang sedang menempuh pendidikan tinggi, sedangkan pelajar adalah sebutan umum untuk orang yang sedang belajar di lembaga pendidikan mana pun.

  5. Apa tujuan pendidikan mahasiswa?
  6. Untuk memperoleh gelar atau kualifikasi akademik, serta mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja.

  7. Apa saja tanggung jawab mahasiswa?
  8. Belajar dengan tekun, menyelesaikan tugas tepat waktu, berpartisipasi aktif dalam kegiatan akademik dan non-akademik, serta menjaga etika dan moral.

  9. Apa saja hak-hak mahasiswa?
  10. Mendapatkan pendidikan yang berkualitas, mengikuti kegiatan akademik dan non-akademik, serta mengekspresikan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab.

  11. Bagaimana cara menjadi mahasiswa?
  12. Lulus dari sekolah menengah atas atau sederajat, mendaftar ke perguruan tinggi atau universitas, dan memenuhi persyaratan yang ditentukan.

  13. Apa saja jenjang pendidikan mahasiswa?
  14. Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3).

  15. Bagaimana masa studi mahasiswa?
  16. Tergantung pada jenjang pendidikan dan perguruan tinggi atau universitas yang ditempuh.

  17. Apa saja prospek karier mahasiswa?
  18. Beragam, tergantung pada bidang studi dan kualifikasi yang diperoleh.

  19. Apa saja organisasi mahasiswa?
  20. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan lain-lain.

  21. Apa saja beasiswa yang tersedia untuk mahasiswa?
  22. Beasiswa akademik, beasiswa prestasi, beasiswa sosial, dan lain-lain.

  23. Apa saja tips sukses menjadi mahasiswa?
  24. Belajar dengan giat, manajemen waktu yang baik, bergabung dengan organisasi mahasiswa, dan membangun relasi dengan dosen dan teman sejawat.

  25. Bagaimana peran mahasiswa dalam masyarakat?
  26. Sebagai agen perubahan, pembaharu, dan intelektual yang berkontribusi pada kemajuan bangsa dan negara.

Kesimpulan

Mahasiswa adalah individu yang sedang menempuh pendidikan tinggi di perguruan tinggi atau universitas. Mereka memiliki berbagai hak dan tanggung jawab, serta berperan penting dalam masyarakat sebagai agen perubahan dan pembaharu.

Dengan memahami pengertian mahasiswa secara komprehensif, kita dapat memfasilitasi dan mendukung pendidikan tinggi yang berkualitas, serta mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan masa depan.

Mahasiswa harus memanfaatkan kesempatan pendidikan tinggi dengan sebaik-baiknya. Mereka harus belajar dengan tekun, mengembangkan keterampilan dan pengetahuan, serta terlibat aktif dalam kegiatan akademik dan non-akademik. Dengan demikian, mahasiswa dapat menjadi lulusan yang berkualitas, kompeten, dan mampu memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara.

Kata Penutup