pengertian ilmu ekonomi menurut alfred marshall

Halo, selamat datang di Esadayalestari.co.id!

Kami sangat senang menyambut Anda di website kami, tempat Anda dapat menemukan informasi bermanfaat tentang berbagai topik menarik. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang pengertian ilmu ekonomi menurut Alfred Marshall, seorang ekonom terkemuka dari Inggris pada abad ke-19.

Ilmu ekonomi adalah bidang studi yang kompleks dan multidimensi. Terdapat berbagai perspektif dan pendekatan berbeda untuk memahami ilmu ini, tergantung pada konteks dan tujuan penelitian. Salah satu pandangan yang paling berpengaruh adalah pandangan Alfred Marshall, yang mengembangkan definisi ilmu ekonomi yang masih banyak digunakan hingga saat ini.

Pendahuluan

Alfred Marshall (1842-1924) adalah seorang ekonom Inggris yang dikenal sebagai salah satu pendiri aliran ekonomi neo-klasik. Karyanya yang paling terkenal, “Principles of Economics,” diterbitkan pada tahun 1890 dan telah banyak dibaca dan berpengaruh selama lebih dari satu abad.

Dalam karyanya, Marshall mendefinisikan ilmu ekonomi sebagai “studi tentang manusia dalam urusan kehidupan biasa mereka; itu berusaha untuk menunjukkan pengaruh tunggal atau gabungan dari motif-motif individu pada kemakmuran masyarakat.”

Definisi ini menekankan beberapa aspek penting ilmu ekonomi menurut Marshall. Pertama, ilmu ekonomi adalah studi tentang manusia, bukan abstraksi matematika atau model teoretis. Kedua, ilmu ekonomi berfokus pada urusan kehidupan nyata, yaitu keputusan dan tindakan yang diambil individu dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Ketiga, ilmu ekonomi berusaha memahami bagaimana motif individu, seperti egoisme, altruisme, dan keinginan untuk memaksimalkan kegunaan, mempengaruhi kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Marshall percaya bahwa dengan memahami motivasi dan perilaku individu, kita dapat memperoleh wawasan tentang fungsi ekonomi yang lebih besar.

Definisi Marshall tentang ilmu ekonomi juga menekankan pentingnya keseimbangan dan harmoni. Beliau berpendapat bahwa tujuan ilmu ekonomi adalah untuk mencapai keseimbangan antara kepentingan individu dan kesejahteraan masyarakat. Ini hanya dapat dicapai dengan memahami bagaimana tindakan individu mempengaruhi keseimbangan ekonomi dan bagaimana kebijakan pemerintah dapat mempromosikan hasil yang diinginkan.

Berikut adalah beberapa implikasi penting dari definisi Marshall tentang ilmu ekonomi:

  • Ilmu ekonomi adalah disiplin yang berfokus pada manusia, motif, dan tindakan mereka.
  • Ilmu ekonomi berfokus pada urusan kehidupan nyata dan berusaha memahami dampak keputusan individu pada masyarakat.
  • Ilmu ekonomi berusaha mencapai keseimbangan antara kepentingan individu dan kesejahteraan masyarakat.
  • Ilmu ekonomi mengakui kompleksitas motivasi manusia dan berupaya memahami bagaimana motif ini mempengaruhi perilaku ekonomi.
  • Ilmu ekonomi menekankan pentingnya kebijakan pemerintah dalam mempromosikan hasil ekonomi yang diinginkan.

Kelebihan Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Alfred Marshall

Definisi Marshall tentang ilmu ekonomi telah banyak dipuji karena beberapa kelebihannya:

  • Ini luas dan komprehensif. Definisi Marshall mencakup berbagai aspek ilmu ekonomi, termasuk studi tentang individu, pasar, dan kebijakan pemerintah.
  • Ini realistis dan praktis. Definisi Marshall berfokus pada urusan kehidupan nyata dan mengakui kompleksitas motivasi manusia. Hal ini memungkinkan para ekonom untuk memahami ekonomi sebagaimana adanya, bukan sebagaimana mestinya.
  • Ini normatif dan preskriptif. Definisi Marshall menyiratkan bahwa ilmu ekonomi tidak hanya deskriptif tetapi juga normatif. Artinya, ilmu ekonomi tidak hanya berusaha menjelaskan bagaimana ekonomi bekerja, tetapi juga bagaimana seharusnya bekerja.
  • Ini empiris dan berbasis bukti. Definisi Marshall menekankan pentingnya bukti empiris dalam mendukung teori ekonomi. Hal ini mendorong para ekonom untuk menguji teori mereka terhadap data dunia nyata.
  • Ini fleksibel dan dapat beradaptasi. Definisi Marshall cukup fleksibel untuk mengakomodasi perkembangan baru dalam teori ekonomi. Hal ini telah memungkinkan ilmu ekonomi tetap relevan dan dinamis selama lebih dari satu abad.

Kekurangan Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Alfred Marshall

Meskipun banyak dipuji, definisi Marshall tentang ilmu ekonomi juga menimbulkan beberapa kritik:

  • Terlalu sempit dan terfokus pada individu. Beberapa kritikus berpendapat bahwa definisi Marshall terlalu sempit karena hanya berfokus pada individu. Mereka berpendapat bahwa ilmu ekonomi juga harus mempertimbangkan peran institusi, budaya, dan struktur sosial.
  • Terlalu statis dan tidak memperhitungkan perubahan. Definisi Marshall dipandang oleh beberapa orang terlalu statis karena tidak memperhitungkan perubahan ekonomi yang dinamis. Mereka berpendapat bahwa ilmu ekonomi harus dapat beradaptasi dengan perkembangan ekonomi yang terus berubah.
  • Terlalu normatif dan subjektif. Definisi Marshall dikritik karena terlalu normatif dan subjektif. Kritikus berpendapat bahwa ilmu ekonomi harus menjadi disiplin objektif yang didasarkan pada bukti, bukan nilai-nilai pribadi.
  • Terlalu berfokus pada keseimbangan. Definisi Marshall menekankan pentingnya keseimbangan dan harmoni. Beberapa kritikus berpendapat bahwa ini tidak realistis dan mengabaikan peran ketidakseimbangan dan konflik dalam perekonomian.
  • Terlalu bergantung pada model matematika. Definisi Marshall mendorong penggunaan model matematika dalam ilmu ekonomi. Beberapa kritikus berpendapat bahwa hal ini dapat menyebabkan ilmu ekonomi menjadi terlalu abstrak dan tidak berhubungan dengan kenyataan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, definisi Alfred Marshall tentang ilmu ekonomi adalah kontribusi penting untuk bidang ini. Ini memberikan pemahaman yang luas dan komprehensif tentang ilmu ekonomi dan telah banyak digunakan selama lebih dari satu abad. Namun, definisi ini juga memiliki beberapa keterbatasan dan telah menjadi subyek kritik oleh beberapa ekonom.

Meskipun demikian, definisi Marshall tetap menjadi titik awal yang penting untuk memahami ilmu ekonomi. Ini memberikan landasan yang kokoh untuk teori ekonomi dan membantu kita memahami bagaimana motif individu dan kebijakan pemerintah mempengaruhi kesejahteraan masyarakat.

Saat kita bergerak maju, penting untuk mempertimbangkan both kelebihan dan kekurangan definisi Marshall dan terbuka terhadap perspektif lain tentang ilmu ekonomi. Dengan melakukan hal itu, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih lengkap dan komprehensif tentang bidang yang kompleks dan dinamis ini.

Kami harap Anda telah menikmati artikel ini tentang pengertian ilmu ekonomi menurut Alfred Marshall. Untuk informasi lebih lanjut tentang topik ini atau topik menarik lainnya, silakan kunjungi website kami di Esadayalestari.co.id.

Kata Penutup

Penting untuk dicatat bahwa pengertian ilmu ekonomi adalah bidang yang terus berkembang. Seiring berkembangnya ekonomi global, para ekonom terus mengembangkan teori dan model baru untuk memahami dunia yang makin kompleks ini. Oleh karena itu, penting untuk selalu terbarui dengan perkembangan terbaru dalam ilmu ekonomi agar dapat membuat keputusan yang tepat di era modern ini.

Kami harap artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami selalu ingin mendengar dari pembaca kami.

Terima kasih telah berkunjung ke Esadayalestari.co.id. Kami harap Anda akan segera berkunjung kembali!

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Alfred Marshall
Aspek Deskripsi
Definisi Ilmu ekonomi adalah studi tentang manusia dalam urusan kehidupan biasa mereka; itu berusaha untuk menunjukkan pengaruh tunggal atau gabungan dari motif-motif individu pada kemakmuran masyarakat.
Fokus Ilmu ekonomi berfokus pada manusia, motif, dan tindakan mereka dalam urusan kehidupan nyata, dan bagaimana tindakan tersebut mempengaruhi kesejahteraan masyarakat.
Tujuan Tujuan ilmu ekonomi adalah untuk mencapai keseimbangan antara kepentingan individu dan kesejahteraan masyarakat, dengan memahami motivasi dan perilaku individu.
Metodologi Ilmu ekonomi menggunakan bukti empiris dan model matematika untuk mendukung teori ekonomi dan menjelaskan bagaimana ekonomi bekerja.
Signifikansi Definisi Marshall tentang ilmu ekonomi telah menjadi dasar teori ekonomi selama lebih dari satu abad dan memberikan titik awal untuk memahami bidang ini.
Kelebihan Definisi Marshall bersifat luas, komprehensif, realistis, normatif, empiris, dan fleksibel.
Kekurangan Definisi Marshall dipandang terlalu sempit, statis, normatif, berfokus pada keseimbangan, dan bergantung pada model matematika.

FAQ

  1. Apa definisi ilmu ekonomi menurut Alfred Marshall?

    Ilmu ekonomi adalah studi tentang manusia dalam urusan kehidupan biasa mereka; itu berusaha untuk menunjukkan pengaruh tunggal atau gabungan dari motif-motif individu pada kemakmuran masyarakat.

  2. Apa kelebihan definisi ilmu ekonomi menurut Alfred Marshall?

    Definisi Marshall bersifat luas, komprehensif, realistis, normatif, empiris, dan fleksibel.

  3. Apa kekurangan definisi ilmu ekonomi menurut Alfred Marshall?

    Definisi Marshall dipandang terlalu sempit, statis, normatif, berfokus pada keseimbangan, dan bergantung pada model matematika.

  4. Bagaimana