pengertian hasil belajar menurut para ahli

Kata Pengantar

Halo, selamat datang di Esadayalestari.co.id. Pada kesempatan ini, kita akan membahas mengenai pengertian hasil belajar menurut para ahli. Hasil belajar merupakan aspek penting dalam proses pendidikan dan merupakan salah satu indikator keberhasilan belajar siswa. Dalam artikel ini, kami akan menyajikan berbagai perspektif dari para ahli mengenai definisi hasil belajar.

Pendahuluan

Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang relatif permanen yang terjadi pada diri siswa sebagai akibat dari pengalaman belajar. Perubahan perilaku tersebut dapat berupa perubahan dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hasil belajar sangat penting karena menjadi tolok ukur keberhasilan proses belajar mengajar.

Dalam konteks pendidikan, hasil belajar dapat dibedakan menjadi dua jenis utama, yaitu hasil belajar akademik dan non-akademik. Hasil belajar akademik mengacu pada pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa dalam mata pelajaran tertentu, sedangkan hasil belajar non-akademik mengacu pada sikap dan perilaku siswa yang terbentuk melalui proses pendidikan.

Untuk mengukur hasil belajar, terdapat berbagai metode yang dapat digunakan, seperti tes, pengamatan, dan portofolio. Metode pengukuran yang tepat akan bergantung pada jenis hasil belajar yang ingin diukur.

Hasil belajar juga dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor internal maupun eksternal. Faktor internal meliputi karakteristik siswa, seperti motivasi dan kemampuan belajar, sedangkan faktor eksternal meliputi faktor lingkungan, seperti dukungan keluarga dan sekolah.

Memahami pengertian hasil belajar menurut para ahli sangat penting bagi pendidik karena dapat membantu mereka dalam merancang dan melaksanakan proses belajar mengajar yang efektif. Selain itu, pemahaman ini juga dapat membantu siswa dalam mengoptimalkan hasil belajar mereka.

Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian hasil belajar menurut para ahli, kelebihan dan kekurangan dari setiap definisi, serta implikasinya bagi praktik pendidikan. Kami juga akan menyajikan tabel yang merangkum informasi penting tentang definisi hasil belajar menurut para ahli.

Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli

1. Bloom (1956)

Bloom mendefinisikan hasil belajar sebagai perubahan perilaku siswa yang terjadi sebagai akibat dari pengalaman belajar. Perubahan perilaku ini dapat berupa perubahan dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Bloom mengembangkan taksonomi hasil belajar yang terdiri dari enam level, yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi.

2. Gagne (1965)

Gagne mendefinisikan hasil belajar sebagai kemampuan yang diperoleh siswa melalui proses belajar. Kemampuan ini dapat berupa kemampuan kognitif, seperti pemecahan masalah, atau kemampuan afektif, seperti sikap positif terhadap belajar.

3. Mager (1962)

Mager mendefinisikan hasil belajar sebagai perubahan perilaku yang dapat diamati dan diukur. Mager menekankan pentingnya merumuskan hasil belajar secara spesifik dan terukur agar dapat dievaluasi secara efektif.

4. Tyler (1949)

Tyler mendefinisikan hasil belajar sebagai perubahan dalam perilaku siswa yang diinginkan oleh sekolah dan dapat diukur. Tyler menekankan pentingnya mengidentifikasi hasil belajar yang diharapkan sebelum proses belajar mengajar dimulai.

5. Guilford (1959)

Guilford mendefinisikan hasil belajar sebagai perubahan dalam perilaku siswa yang terjadi sebagai akibat dari pengalaman belajar. Guilford mengembangkan model struktur intelektual yang terdiri dari tiga dimensi, yaitu operasi mental, isi, dan produk.

6. Anderson (1986)

Anderson mendefinisikan hasil belajar sebagai pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa melalui proses belajar. Anderson mengembangkan taksonomi hasil belajar yang terdiri dari dua dimensi, yaitu pengetahuan deklaratif, pengetahuan prosedural, dan pengetahuan situasional.

7. Shuell (1986)

Shuell mendefinisikan hasil belajar sebagai perubahan dalam perilaku siswa yang dapat diamati dan diukur. Shuell menekankan pentingnya merumuskan hasil belajar secara operasional sehingga dapat dievaluasi secara objektif.

Kelebihan dan Kekurangan Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli

**Kelebihan**

* Mencakup berbagai aspek hasil belajar, seperti kognitif, afektif, dan psikomotorik.
* Dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan taksonomi hasil belajar.
* Dapat membantu pendidik dalam merancang dan melaksanakan proses belajar mengajar yang efektif.
* Dapat membantu siswa dalam mengoptimalkan hasil belajar mereka.

**Kekurangan**

* Beberapa definisi terlalu luas dan dapat mencakup perubahan perilaku yang tidak relevan dengan proses belajar.
* Beberapa definisi terlalu sempit dan tidak mencakup semua aspek hasil belajar.
* Beberapa definisi sulit untuk diukur dan diinterpretasikan secara objektif.

Implikasi bagi Praktik Pendidikan

Pemahaman tentang pengertian hasil belajar menurut para ahli memiliki implikasi penting bagi praktik pendidikan. Implikasi tersebut antara lain:

* Pendidik perlu merumuskan hasil belajar secara spesifik dan terukur agar dapat dievaluasi secara efektif.
* Pendidik perlu menggunakan metode pengukuran yang tepat untuk mengukur hasil belajar.
* Pendidik perlu mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar, baik faktor internal maupun eksternal.
* Pendidik perlu memberikan umpan balik yang efektif kepada siswa untuk membantu mereka mengoptimalkan hasil belajar mereka.

Tabel Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli

| Ahli | Definisi | Kelebihan | Kekurangan |
|—|—|—|—|
| Bloom (1956) | Perubahan perilaku siswa sebagai akibat dari pengalaman belajar. | Mencakup berbagai aspek hasil belajar. | Dapat terlalu luas. |
| Gagne (1965) | Kemampuan yang diperoleh siswa melalui proses belajar. | Dapat diukur dan diamati. | Dapat terlalu sempit. |
| Mager (1962) | Perubahan perilaku yang dapat diamati dan diukur. | Spesifik dan terukur. | Sulit diinterpretasikan secara objektif. |
| Tyler (1949) | Perubahan dalam perilaku siswa yang diinginkan oleh sekolah dan dapat diukur. | Berorientasi pada tujuan. | Dapat terlalu sempit. |
| Guilford (1959) | Perubahan dalam perilaku siswa sebagai akibat dari pengalaman belajar. | Mencakup struktur intelektual. | Sulit diukur. |
| Anderson (1986) | Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa melalui proses belajar. | Mencakup berbagai jenis pengetahuan. | Dapat terlalu luas. |
| Shuell (1986) | Perubahan dalam perilaku siswa yang dapat diamati dan diukur. | Dapat diukur secara objektif. | Sulit untuk dirumuskan secara operasional. |

FAQ

1. Apa pengertian hasil belajar?
2. Apa saja jenis-jenis hasil belajar?
3. Bagaimana cara mengukur hasil belajar?
4. Apa saja faktor yang mempengaruhi hasil belajar?
5. Bagaimana cara mengoptimalkan hasil belajar?
6. Apa saja implikasi dari pengertian hasil belajar menurut para ahli?
7. Bagaimana cara merumuskan hasil belajar secara spesifik dan terukur?
8. Bagaimana cara menggunakan metode pengukuran yang tepat untuk mengukur hasil belajar?
9. Bagaimana cara mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar?
10. Bagaimana cara memberikan umpan balik yang efektif kepada siswa?
11. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari pengertian hasil belajar menurut para ahli?
12. Apa saja implikasi dari pengertian hasil belajar menurut para ahli bagi praktik pendidikan?
13. Bagaimana cara menerapkan pengertian hasil belajar menurut para ahli dalam proses belajar mengajar?

Kesimpulan

Pengertian hasil belajar menurut para ahli merupakan konsep yang kompleks dan memiliki berbagai perspektif. Memahami pengertian ini sangat penting bagi pendidik karena dapat membantu mereka dalam merancang dan melaksanakan proses belajar mengajar yang efektif. Selain itu, pemahaman ini juga dapat membantu siswa dalam mengoptimalkan hasil belajar mereka.

Dengan memahami pengertian hasil belajar menurut para ahli, pendidik dapat:

* Merumuskan hasil belajar secara spesifik dan terukur.
* Menggunakan metode pengukuran yang tepat untuk mengukur hasil belajar.
* Mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar.
* Memberikan umpan balik yang efektif kepada siswa.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, pendidik dapat membantu siswa mencapai hasil belajar yang optimal dan sukses dalam pendidikan mereka.

Kata Penutup

Pengertian hasil belajar menurut para ahli merupakan landasan penting dalam praktik pendidikan. Dengan memahami pengertian ini, pendidik dapat merancang dan melaksanakan proses belajar mengajar yang efektif, sehingga membantu siswa mencapai hasil belajar yang optimal. Selain itu, pemahaman ini juga dapat membantu siswa dalam mengoptimalkan hasil belajar mereka dan mencapai kesuksesan dalam pendidikan.