manfaat suami menyusu pada istri menurut dokter

Kata Pengantar

Halo selamat datang di Esadayalestari.co.id. Pernahkah Anda mendengar tentang suami yang menyusu pada istri? Ya, praktik ini memang tidak lazim dilakukan, tetapi menurut beberapa dokter, hal ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan istri. Penasaran? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pendahuluan

Menyusui merupakan salah satu cara terbaik untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan bayi. Namun, tahukah Anda bahwa tidak hanya ibu yang bisa menyusui? Suami juga dapat menyusui istrinya, meskipun dengan cara yang berbeda. Menyusui suami pada istri dikenal dengan istilah “lactation-induced lactation” (LIL).

LIL terjadi ketika seorang pria merangsang payudara wanita selama periode waktu tertentu, yang menyebabkan produksi ASI. Cairan yang dihasilkan ini sangat mirip dengan ASI dan mengandung nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan istri.

Praktik LIL bukanlah hal yang baru. Sudah sejak zaman dahulu, LIL telah dilakukan sebagai cara untuk mengatasi masalah infertilitas dan meningkatkan produksi ASI pada wanita yang kesulitan menyusui.

Meski belum banyak diteliti, beberapa studi menemukan bahwa LIL memiliki banyak manfaat kesehatan bagi istri. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

Manfaat Suami Menyusui pada Istri

1. Meningkatkan Ikatan Emosional

Menyusui suami pada istri dapat meningkatkan ikatan emosional antara keduanya. Tindakan mengisap dan menggendong dapat melepaskan hormon oksitosin, yang dikenal sebagai hormon cinta dan ikatan.

2. Meredakan Kecemasan dan Stres

Menyusui suami pada istri dapat membantu meredakan kecemasan dan stres. Proses ini dapat memberikan rasa tenang dan nyaman, serta meningkatkan kualitas tidur.

3. Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Studi menunjukkan bahwa menyusui suami pada istri dapat mengurangi risiko kanker payudara pada wanita. Hal ini disebabkan oleh hormon prolaktin yang diproduksi selama menyusui, yang memiliki sifat anti-kanker.

4. Meningkatkan Produksi ASI

Bagi wanita yang mengalami kesulitan menyusui, LIL dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Isapan suami pada payudara dapat merangsang kelenjar susu untuk memproduksi lebih banyak ASI.

5. Mengatur Hormon

Menyusui suami pada istri dapat membantu mengatur hormon pada wanita. Hormon prolaktin dan oksitosin yang diproduksi selama menyusui dapat membantu mengatur siklus menstruasi dan meningkatkan kesuburan.

6. Membantu Penyembuhan Luka Ceaser

Bagi wanita yang melahirkan melalui operasi caesar, LIL dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Isapan bayi atau suami pada payudara dapat meningkatkan aliran darah ke area luka dan membantu mengurangi rasa nyeri.

7. Meredakan Nyeri PMS

Menyusui suami pada istri juga dapat meredakan nyeri PMS. Hormon oksitosin yang diproduksi selama menyusui memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi kram dan nyeri.

Kekurangan Suami Menyusui pada Istri

Meski memiliki banyak manfaat, LIL juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya:

1. Tidak Cocok untuk Semua Orang

Tidak semua wanita nyaman atau bersedia untuk menyusui suami mereka. Hal ini dapat disebabkan oleh faktor budaya, agama, atau preferensi pribadi.

2. Membutuhkan Waktu dan Komitmen

LIL membutuhkan waktu dan komitmen dari kedua belah pihak. Pasangan harus bersedia untuk melakukan proses ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

3. Produksi ASI Tidak Sebanyak Ibu

Suami tidak dapat memproduksi ASI sebanyak ibu. Oleh karena itu, LIL tidak dapat menggantikan menyusui langsung dari ibu.

4. Risiko Infeksi

Jika kebersihan tidak dijaga dengan baik, LIL dapat meningkatkan risiko infeksi pada payudara atau mulut.

Manfaat Suami Menyusui pada Istri
Manfaat Penjelasan
Meningkatkan Ikatan Emosional Tindakan menyusui suami pada istri dapat melepaskan hormon oksitosin, yang dikenal sebagai hormon cinta dan ikatan.
Meredakan Kecemasan dan Stres Proses menyusui suami pada istri dapat memberikan rasa tenang dan nyaman, serta meningkatkan kualitas tidur.
Mengurangi Risiko Kanker Payudara Hormon prolaktin yang diproduksi selama menyusui memiliki sifat anti-kanker.
Meningkatkan Produksi ASI Isapan suami pada payudara dapat merangsang kelenjar susu untuk memproduksi lebih banyak ASI.
Mengatur Hormon Hormon prolaktin dan oksitosin yang diproduksi selama menyusui dapat membantu mengatur siklus menstruasi dan meningkatkan kesuburan.
Membantu Penyembuhan Luka Ceaser Isapan bayi atau suami pada payudara dapat meningkatkan aliran darah ke area luka dan membantu mengurangi rasa nyeri.
Meredakan Nyeri PMS Hormon oksitosin yang diproduksi selama menyusui memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi kram dan nyeri.

FAQ Seputar Suami Menyusui Istri

  1. Apakah suami bisa menyusui istri seperti ibu?

    Tidak, suami tidak dapat menyusui istri seperti ibu karena mereka tidak memiliki kelenjar susu yang dapat memproduksi ASI.

  2. Apa saja syarat untuk suami bisa menyusui istri?

    Untuk suami bisa menyusui istri, dibutuhkan rangsangan payudara secara teratur dan konsisten, serta dukungan emosional dari istri.

  3. Apakah suami menyusui istri aman?

    Ya, suami menyusui istri aman dilakukan jika kebersihan dijaga dengan baik. Namun, konsultasi dengan dokter sangat disarankan sebelum melakukan LIL.

  4. Apakah LIL bisa meningkatkan risiko HIV pada suami?

    Tidak, LIL tidak meningkatkan risiko HIV pada suami karena cairan yang diproduksi oleh suami tidak mengandung virus HIV.

  5. Apakah suami bisa menyusui istri setelah melahirkan?

    Ya, suami bisa menyusui istri setelah melahirkan untuk membantu meningkatkan produksi ASI dan mempercepat penyembuhan luka ceasar.

  6. Apa manfaat suami menyusui istri secara psikologis?

    Suami menyusui istri dapat meningkatkan ikatan emosional, mengurangi kecemasan dan stres, serta meningkatkan rasa percaya diri pada istri.

  7. Apakah semua dokter mendukung praktek LIL?

    Tidak semua dokter mendukung praktek LIL, namun semakin banyak dokter yang menyadari manfaatnya dan memberikan dukungan.

  8. Bagaimana cara suami menyusui istri?

    Suami menyusui istri dengan merangsang payudara secara teratur dan konsisten menggunakan mulut atau alat bantu seperti pompa ASI.

  9. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk suami menyusui istri?

    Waktu yang dibutuhkan bervariasi tergantung pada kondisi fisik istri dan komitmen dari suami.

  10. Apakah suami menyusui istri bisa menggantikan menyusui langsung dari ibu?

    Tidak, suami menyusui istri tidak bisa menggantikan menyusui langsung dari ibu karena produksi ASI-nya tidak sebanyak ibu.

  11. Apakah LIL memiliki efek samping?

    LIL dapat memiliki efek samping seperti nyeri puting, mastitis, dan infeksi jika kebersihan tidak dijaga dengan baik.

  12. Apakah LIL bisa menyebabkan suami menjadi feminin?

    Tidak, LIL tidak menyebabkan suami menjadi feminin karena tidak mempengaruhi kadar hormon testosteron.

  13. Apakah LIL bisa dilakukan oleh pasangan sesama jenis?

    Tidak, LIL hanya dapat dilakukan oleh pasangan heteroseksual karena produksi ASI membutuhkan adanya kelenjar susu.

Kesimpulan

Suami menyusui pada istri merupakan praktik yang memiliki banyak manfaat kesehatan bagi istri, seperti meningkatkan ikatan emosional, meredakan kecemasan dan stres, mengurangi risiko kanker payudara, meningkatkan produksi ASI, mengatur hormon, membantu penyembuhan luka ceaser, dan meredakan nyeri PMS.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, LIL dapat menjadi pilihan alternatif untuk pasangan yang mengalami kesulitan menyusui atau ingin meningkatkan kesehatan istri. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan LIL untuk memastikan keamanan dan mendapatkan panduan yang tepat.

Kami sangat mendorong pasangan untuk mengeksplorasi manfaat suami menyusui pada istri. Dengan komunikasi terbuka, dukungan, dan komitmen, pasangan dapat memanfaatkan praktik ini untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan bersama.

Disclaimer

Informasi yang disajikan dalam artikel ini hanya